Pengertian 'ROOT' dan Keuntungannya


Biasanya untuk pengguna Android sudah sering mendengar istilah root. Nah apa itu root? Sebenarnya yang dimaksud dengan root adalah pengguna yang mempunyai privilage paling tinggi di Linux, kalau di windows sih sering disebutnya administrator.

Lalu proses untuk mendapatkan akses root, dikenal istilah rooting. Bagaimana caranya melakukan rooting? Setiap device bisa jadi berbeda prosesnya, ada yang menggunakan aplikasi z4root, Super One Click, Unrevoked, atau lainnya. Untuk cara rootnya, bisa pantau dari kategori masing-masing manufaktur ya di forum ini.

Keuntungannya apa kalau kita sudah mendapatkan akses root? Beberapa yang saya tau sih ini:

  • Bisa update versi Android tanpa harus menunggu versi resminya keluar. Beruntunglah kita karena banyak orang yang mengembangkan custom Rom di Android sehingga kita bisa dengan mudah menginstal custom Rom tersebut ke device kita.
  • Bisa overclock untuk memaksimalkan kinerja processor atau undervolt untuk meminimalkan kinerja processor supaya hemat baterai.
  • Bisa instal aplikasi ke sdcard (bukan fitur app2sd yang ada di froyo)
  • Bisa menggunakan aplikasi yang memerlukan root, seperti MarketEnabler (untuk menampilkan aplikasi berbayar di Market), ShootMe (untuk screen capture), dan lainnya
  • Dan semuanya terserah anda sebagai user dengan hak akses tertinggi :D

Sumber: http://www.teknoup.com/forum/topic/122/root-dan-keuntungannya/

Artikel Terkait:

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.