Arsip

Prey - Aplikasi Anti Maling yang Melacak Pencuri Secara Diam-Diam


Sudah banyak kasus kehilangan handphone dan laptop yang entah itu dicuri ataupun terjatuh dan hampir dipastikan gadgets yang hilang tersebut tidak akan pernah kembali lagi. Kehilangan handphone atau laptop memang sangatlah merugikan baik dari segi nilai gadgets tersebut ataupun data-data yang tersimpan di dalamnya. Untuk mengatasi hal ini selain meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga gadgets kesayangan, ada baiknya Anda mencoba software aplikasi anti maling. Sekarang ini banyak sekali pengembang yang menawarkan aplikasi semacam ini, salah satunya adalah Prey.

Prey merupakan sebuah aplikasi anti maling dari Fork, Ltd yang bisa digunakan untuk smartphone (Android dan iPhone), tablet dan Laptop (Windows dan Linux). Aplikasi ini sangat ringan dan sepenuhnya merupakan open source program yang akan melacak smartphone, tablet atau laptop Anda yang hilang. Aplikasi ini bekerja dengan diam-diam di system gadgets sehingga Anda tidak akan menyadari bahwa aplikasi ini sudah bekerja dan melacak posisis gadgets Anda tersebut. Prey merupakan sebuah aplikasi yang wajib dimiliki dengan pertimbangan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya.

Jika Anda berfikir bahwa mustahil untuk melacak handphone atau laptop yang dicuri, hal ini tidak berlaku bagi Anda yang sudah membenamkan Prey di handphone, tablet atau laptop karena aplikasi ini akan secara otomatis akan melacak gadgets yang hilang berdasarkan lokasi GPS gadgets tersebut. Akan tetapi bagaimana jika Anda tidak sedang mengaktifkan GPS? Jangan khawatir karena Prey juga menyediakan fitur pelacakan berdasarkan WiFi yang berada dekat dengan gadgets Anda yang hilang tersebut. Tidak seperti aplikasi anti maling lainnya, Prey tidak akan menghubungkan Anda ke server sampai Anda sendiri yang memintanya. Privasi Anda juga tetap terjaga walaupun Anda menginstall aplikasi pelacak gadgets karena tidak akan ada pihak-pihak ketiga yang akan memanfaatkannya kecuali memang dengan alasan-alasan tertentu.

Ketika Anda selesai menginstall Prey kemudian membuka aplikasi ini, Anda akan disuguhi beberapa pengaturan untuk mengatur pelacakan seperti yang diinginkan. Ada beberapa pilihan interval waktu (5-20 menit) penerimaan laporan yang akan dikirimkan melalui email. Laporan tersebut berisi alamat IP (internal atau eksternal), perkiraan lokasi, dan sedikit gambaran sesi penggunaan gadgets oleh pengguna. Fitur-fitur yang dimiliki Prey baik itu versi untuk Android, Mac, iPhone, Windows atau Linux memiliki fitur yang sama yaitu:
  • Membunyikan suara alarm
  • Menampilkan pesan peringatan
  • Pelacakan via GPS dan WiFi terdekat
  • Mengunci gadgets
  • Menghapus/ menyembunyikan data pribadi
Semua fitur di atas bisa dilakukan secara jarak jauh ketika Anda menyadari bahwa handphone atau laptop Anda hilang. Fitur pesan peringatan akan dikirimkan ketika Anda menyadari gadgets Anda hilang dan akan dikirimkan ke nomor kontak yang telah Anda daftarkan sebelumnya untuk menerima pesan peringatan ini.

Terdapat sedikit perbedaan pada Prey untuk smartphone (Android dan iPhone) dan untuk laptop (Windows dan Linux) yang tentunya perbedaan tersebut disesuaikan dengan spesifikasi yang dimiliki kedua gadgets tersebut. Sebagai contoh untuk versi smartphone, terdapat fitur SIM Card Lock yang berfungsi jika SIM Card Anda diganti. Sedangkan untuk versi laptop dengan memanfaatkan fasilitas WebCam, Anda bisa diam-diam memotret muka sang pencuri dan juga di mana ia bersembunyi yang ke semuanya dilakukan secara jarak jauh dan tanpa sepengetahuan sang pencuri. Jika Anda beruntung Anda juga bisa mengamati hal-hal yang si pencuri lakukan ketika dia melakukan logged in ke email atau akun jejaring sosialnya.

Cukup satu hal yang perlu dilakukan ketika mengetahui gadgets kesayangan Anda hilang yaitu membuka akun Prey Anda di preyproject.com melalui Web kemudian Anda bisa melakukan pelacakan dan penguncian gadgets secara jarak jauh. Karena Prey merupakan aplikasi yang sangat ringan sehingga bisa di install di hampir semua versi Windows, Linux dan Ubuntu. Sedangkan untuk smartphone membutuhkan OS Android 1.5 atau diatasnya dan iOS versi 4.0 atau diatasnya. Prey bisa Anda unduh secara gratis dari preyproject.com dan jika Anda menginginkan fitur lebih Anda bisa mengupgradenya dengan membeli versi Pro yang tentunya dengan fitur yang lebih menjanjikan keamanan gadgets Anda.

Download Prey untuk Android

Sumber: http://so.ee/gJE

Artikel Terkait:

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.