Arsip

5 Tips Merawat Handphone Anda Saat Masuk Lingkungan Baru


Untuk memasuki sebuah lingkungan yang baru, hal-hal seperti proses adaptasi dengan lingkungan yang baru juga mencari informasi tentang lingkungan yang akan Anda masuki sangatlah penting. Bagi Anda yang baru saja memasuki lingkungan kerja ataupun sekolah yang baru ada beberapa tips merawat handphone untuk Anda. Karena baik itu di lingkungan kerja, kampus ataupun sekolah sudah hal biasa jika kita membawa handphone dan laptop karena dua gadget merupakan gadgets yang multi fungsi. Ada baiknya Anda sedikit meningkatkan kewaspadaan Anda ketika memasuki lingkungan yang baru terutama untuk gadgets kesayangan Anda baik itu dari pencurian ataupun phone hacking. Berikut beberapa tips merawat handphone yang bisa Anda terapkan:

1. Software Antivirus

Ini merupakan proteksi internal yang wajib Anda benamkan baik itu di handphone ataupun laptop Anda karena baik itu dalam hal pekerjaan ataupun kegiatan belajar setidaknya terkadang membutuhkan koneksi internet. Antivirus mampu mencegah masuknya seperti virus dan malware yang dapat membahayakan handphone dan laptop Anda. Saat ini sudah tersedia beberapa software antivirus gratis yang dapat Anda unduh di handphone/ laptop Anda seperti AVG Antivirus.

2. Software Anti Pencurian

Untuk menghindari scenario terburuk yang mungkin terjadi pada gadget Anda yaitu hilangnya handphone/ laptop Anda, akan lebih baik Anda menginstall software anti pencurian. Software ini bekerja dengan melacak keberadaan handphone/ laptop Anda menggunakan GPS dan Anda bisa mengetahui posisi gadgets Anda dengan membuka account email Anda. Aplikasi semacam ini juga biasanya bisa dijalankan secara jarak jauh untuk mencegah pencuri mengakses gadgets Anda tersebut. Salah satu aplikasi anti pencurian yang bisa Anda unduh yaitu Lookout Mobile Security yang juga dapat berfungsi sebagai antivirus.

3. Matikan WiFi dan Bluetooth

Jika tidak sedang diperlukan maka sebaiknya Wi-Fi dan Bluetooth Anda matikan terlebih dahulu karena selain bisa menghemat baterai, Anda juga bisa menghindari gadgets Anda di hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karena melalui dua fitur ini para hackers bisa mencuri data-data penting yang terdapat pada gadgets Anda seperti account e-mail beserta PIN-nya. Ada beberapa hal yang bisa hackers lakukan ketika berhasil ‘menjebol’ system security gadgets Anda:
  • Mengakses secara jarak jauh microphone handphone Anda untuk menyadap dan mendengarkan semua percakapan yang Anda lakukan di handphone.
  • Secara otomatis menambah BCC ke e-mail atau SMS yang dikirimkan melalui handphone/ laptop Anda.
  • Menggunakan GPS untuk mengawasi keberadaan Anda (sangat berbahaya jika dilakukan hacker terorganisir yang bertujuan mencuri rumah Anda).
Jika Anda termasuk yang sering membuka aplikasi jejaring social seperti Facebook dan Twitter pastikan Anda mengaktifkan HTTPS option di kedua jejaring social tersebut untuk menghindari di hack. Pergantian PIN secara berkala juga bisa menghindari gadgets Anda di hack. Jika Anda mempunyai feeling bahwa gadgets Anda sedang di hack, cabut baterai gadgets Anda segera sehingga bisa menghentikan si hacker mengambil data yang tersimpan di gadgets Anda.

4. Perhatikan Tempat Anda Menyimpan Gadgets

Jika memungkinkan tentu saja lebih baik Anda membawa gadgets Anda kemanapun Anda pergi namun jika tidak bisa dilakukan ada baiknya Anda menyimpan gadgets Anda di tempat yang aman dan terkunci. Karena hanya karena sedikit keteledoran bisa saja Anda kehilangan gadgets Anda meskipun ada teman Anda yang dekat dengan posisi gadgets Anda. Anda juga sebaiknya menghindari meminjamkan gadgets Anda kepada orang yang tidak dikenal bahkan teman Anda karena bisa saja data-data rahasia Anda tidak sengaja terbaca oleh orang lain.

5. Hindari Mengunduh Aplikasi dari Sumber yang tidak Terpercaya

Karena pada dasarnya ketika Anda melakukan proses downloading sebuah aplikasi ada beberapa data yang dikirimkan ke pengembang aplikasi tersebut seperti nomor telepon, ID gadgets, dan SIM Card serial number sehingga bisa saja gadgets Anda disalahgunakan. Ancaman virus juga menjadi pertimbangan ketika Anda melakukan downloading aplikasi dari sumber tak terpercaya.

Tentunya dengan beberapa tips untuk menjaga keamanan gadgets Anda bisa membantu Anda ketika memasuki lingkungan yang baru dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dengan gadgets Anda. Semoga tips merawat handphone ini berguna untuk Anda.

Sumber: http://so.ee/eAr

Artikel Terkait:

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.