Arsip

Cara Merawat Flashdisk Agar Berumur Panjang


Setelah sebelumnya Paseban pernah membahas tentang perihal bagaimana sebaiknya yang anda lakukan sebelum membeli flashdisk bagus, maka artikel kali ini adalah tentang bagaimana anda merawatnya agar tetap menjadi flashdisk bagus. Kondisi baik dan bagus pada saat membeli memang sudah menjadi hal yang lumrah. Namun keadaan suatu perangkat setelah pemakaian pasti akan berubah. Tidak hanya fisik yang mengusang, tapi juga kemampuan bisa saja menurun.

Dibutuhkan suatu perawatan agar flashdisk anda tetap prima. Benda apa pun, bukan hanya flashdisk, pasti selalu membutuhkan perawatan, bukan? Lantas, apakah dengan merawatnya maka flashdisk akan tetap memiliki kemampuan yang sama. Silakan buktikan sendiri dengan mengikuti tips dan cara merawat flashdisk berikut ini.

Sebagaimana perangkat keras lain, musuh flashdisk juga adalah panas. Tidak baik meletakkan flashdisk anda dalam suhu panas seperti terkena sinar matahari langsung atau panas akibat terlalu lama dipasang di usb PC atau laptop anda. Sebaiknya beri flashdisk anda jeda untuk memberikan kesegaran agar tetap fresh dan bisa bekerja bersama anda. Jangan lupa juga untuk tidak berada pada suhu yang terlalu lembab.

Selain suhu, perangkat keras seperti flashdisk sebaiknya jauh dari medan magnet. Mungkin banyak dari anda yang menyimpan flashdisk berdekatan dengan perangkat seperti handphone, televisi, radio, kulkas atau alat elektronik lainnya yang memiliki kekuatan magnet yang besar. Ini akan membantu flashdisk anda lebih baik dan lebih tahan lama.

Hati-hati dalam penyimpanan. Jangan biarkan flashdisk anda mendekati air karena bisa jadi flashdisk anda akan terjatuh ke dalam air dan basah. Mungkin beberapa mengatakan, flashdisk yang sudah ikut ke dalam gilingan pakaian kotor mesin cuci serta rendaman air tidak terjadi masalah setelah pertolongan pertama, seperti menjemurnya hingga kering, dilakukan. Tapi, bukankah mencegah lebih baik daripada pengobatan? Alat apa pun akan berpengaruh jika sudah berurusan dengan air. Maka sebaiknya, jaga baik-baik flashdisk anda dengan teliti dalam meletakkan dan menyimpannya.

Hal sepele namun penting lainnya adalah tidak membiarkan tutup flashdisk lepas dari badannya saat tidak dalam posisi terpasang pada USB. Mengapa demikian? Mulut flashdisk sangat penting karena merupakan jalur utama penghubung PC atau laptop anda dengan flashdisk. Cara merawat flashdisk dengan menjaga tutup flashdisk tetap pada tempatnya akan lebih baik bagi kelangsungan hidup flashdisk anda.

Hal lainnya dalam merawat flashdisk anda adalah saat flashdisk anda terpasang pada mulut usb laptop atau PC anda. Biasakan untuk melakukan scan terhadap virus. Hal ini penting karena flashdisk pasti sering berpindah dari satu perangkat komputer/PC atau laptop satu ke yang lainnya. Apalagi jika anda sering menggunakan fasilitas warnet dan rental komputer. Anda harus lebih waspada karena kita tidak pernah bisa mengkontrol flashdisk siapa saja yang pernah dipasang di komputer tersebut, situs apa saja yang pernah dibuka, dan seberapa banyak virus yang menginfeksi komputer tersebut. Jika anda sempat, carilah warnet atau rental yang memiliki reputasi baik dalam hal antivirus. Itu akan membantu anda dalam hal ini.

Ketika memasang flashdisk, anda harus melakukan sesuatu begitu pula dengan ketika anda ingin melepasnya. Jangan biasakan langsung mencabut flashdisk anda begitu saja karena siapa tahu, flashdisk anda belum siap dan selesai melakukan tugasnya. Lakukanlah langkah eject dengan mengklik kanan pada nama flashdisk anda atau dengan menekan icon removable disk pada icon tool bar di kanan bawah windows anda. Hal ini menjadi bagian dari bagaimana anda merawat flashdisk anda dari kerusakan.

Memperhatikan frekuensi hapus dan tulis data pada flashdisk juga harus anda perhatikan. Rata-rata, flashdisk memiliki kemampuan 10.000 hingga 100.000 kali proses hapus dan tulis data. Semakin sering anda menghapus atau menulis, memindahkan atau menambahkan, data maka semakin berkurang kemampuan flashdisk anda. Itu artinya akan memperpendek umur flashdisk anda.

Untuk itu, meminimalisasi proses hapus dan tulis data pada flashdisk adalah salah satu cara merawatnya. Jika anda ingin memindahkan file dalam jumlah banyak dari PC atau laptop anda, anda bisa membuatnya menjadi satu file seperti extract ke jenis zip atau rar. Ini akan membuat file anda lebih ringan atau berukuran kecil. Selain itu, proses memindahkan hanya dilakukan satu kali. Semoga tips ini bermanfaat agar flashdisk anda tetap terjaga kualitasnya.

Sumber: http://so.ee/Ihb

Artikel Terkait:

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.