Arsip

Tips Cara Menggunakan Telepon Seluler Dengan Aman


Dewasa ini ponsel atau telepon seluler tidak sulit lagi untuk dicari atau dibeli, dengan mulai harga 200 ribu saja Anda sudah bisa membawa pulang perangkat mobil satu ini. Tidak seperti kita pada beberapa tahun yang lalu dimana ponsel hanya bisa dimiliki kalangan tertentu saja, saat ini pelajar sekolah pun bisa memiliki alat komunikasi tersebut karena harga yang sangat terjangkau dengan fitur yang melimpah siapa saja bisa memiliki ponsel kapanpun ia mau. Bahkan bisa dibilang jika saat ini setiap orang sudah ketergantungan untuk memiliki sebuah ponsel.

Pada saat sekarang ini, tidak ada orang yang bisa hidup jika tanpa sebuah ponsel sebagai alat komunikasi. Dan berkomunikasi melalui ponsel merupakan menjadi cara baru dalam hal berkomunikasi. Kemudahan berkomunikasi yang ditawarkan oleh perangkat satu ini membuat ponsel menjadi suatu alat kebutuhan pokok manusia pada zaman sekarang.

Namun apakah Anda tahu jika penggunaan ponsel secara berlebih dan kontinyu menimbulkan efek negatif yang sangat berbahaya kepada kesehatan kita. Apalagi jika kita sering berlama-lama menelepon menggunakan ponsel, tak ayal radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel tersebut lambat laun dapat merusak sistem pada otak kita. Meskipun efeknya tidak terasa secara langsung, namun tetap saja penggunaan ponsel secara berlebih dapat merusak kesehatan kita.

Meskipun tubuh kita memiliki pengaturan suhu tubuh yang dapat menetralisir kembali efek panas dari penggunaan ponsel maupun baterainya, namun untuk pemakaian yang berkala pasti tubuh kita tidak bisa menerimanya dan sistem pada tubuh kita akan menjadi kacau. Jika Anda pernah mendengar macam penyakit seperti tumor lunak syaraf pendengaran, kanker otak, dan gangguan sel otak itulah ragam penyakit yang dibawa oleh perangkat ponsel kita. Maka pada tulisan ini akan memberikan tips bagaimana cara menggunakan telepon seluler Anda secara aman tanpa mengganggu sistem kesehatan Anda. Berikut tips sederhana bagaimana cara menggunakan telepon seluler secara aman dan nyaman:
  1. Sebelum Anda membeli sebuah ponsel, ada baiknya Anda tidak tertarik dengan ponsel yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Karena belum tentu ponsel yang dilepas dengan harga yang terjangkau aman terhadap emisi radiasi, meskipun sejatinya semua ponsel tidak bisa menghindari emisi radiasi, namun ponsel hasil produksi dari vendor ternama sudah menguji emisi radiasi agar bisa ditekan sekecil mungkin dan telah mengalami uji coba yang bisa dibilang sangat ketat untuk meloloskan sebuah produk sebelum produk itu dipasarkan.
  2. Hal yang sering diindahkan saat sesudah membeli ponsel adalah buku petunjuk. Ada baiknya Anda membaca SAR atau Specific Absorption Rate yang berisi ambang batas yang diperkenankan dan dianggap tidak memberikan efek terhadap kesehatan. Semakin kecil angka SAR maka semak baik pula nilai keamanan dari ponsel tersebut.
  3. Jangan selalu mengganti case dari ponsel asli. Karena bagaimanapun case dari pabrikan sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat menghindarkan radiasi terhadap tubuh kita. Jika kita lihat bahan yang digunakan case asli dengan yang beredar bebas di pasaran sudah berbeda jauh dari segi kualitas maupun keamanan.
  4. Jangan gunakan ponsel pada daerah yang kritis sinyal, lift atau mobil misalnya, karena ponsel akan memancarkan radiasi yang berlebih untuk menangkap sinyal.
  5. Jangan menempelkan langsung ponsel Anda pada telinga Anda pada saat sedang melakukan panggilan. Jika waktu panggilan tidak berlangsung lama hal itu tidak menjadi masalah, namun jika waktu panggilan itu lama, ada baiknya Anda menggunakan earphone audio.
  6. Jauhkan ponsel Anda dari kepala Anda ketika Anda sedang tidur, atau jika memungkinkan matikan ponsel Anda, karena ponsel akan selalu memancarkan radiasi kepada kita.
  7. Jangan menaruh ponsel pada saku celana, selain bisa menggores layar ponsel Anda, radiasi ponsel tersebut bisa mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda dan mengganggu sirkulasi darah di bagian tengah dan bawah tubuh.
  8. Jangan memberikan ponsel kepada anak yang masih berusia dibawa 12 tahun karena radiasi yang diberikan kepada anak yang dibawah 12 tahun lebih berbahaya efeknya jika dibandingkan dengan orang dewasa.
Semoga tips ini dapat membantu dan membuat Anda lebih berhati hati dan bijaksana dalam menggunakan ponsel.

Sumber: http://so.ee/v4T

Artikel Terkait:

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.