Arsip

5 Aplikasi Wajib Bagi Para Pemilik Rooted Android

Apakah Anda sudah atau berkeinginan untuk men-root Android Anda? Seperti yang Anda ketahui men-root Android memang memberikan keleluasaan terhadap kendali Android namun tetap saja ada resikonya salah satunya garansi yang hilang. Namun hal ini terkadang tidak begitu bermasalah jika Android Anda memang sudah habis masa klaim garansinya. Setelah melakukan rooting pada Android, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu memilih aplikasi-aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja Android dan aplikasi pengaman. Berikut beberapa aplikasi yang wajib dibenamkan bagi rooted Android.

1. Superuser


Aplikasi pertama yang harus diinstall di Android yang telah di root adalah Superuser dari ChainsDD. Aplikasi ini sangat esensial karena digunakan untuk memberikan hak pengaturan Superuser ke Android yang telah di rooted sehingga aplikasi lain bisa mendapatkan root akses agar dapat berfungsi seperti biasanya. Antara aplikasi dan binary pada Superuser memiliki versi yang berbeda karena aplikasi lebih sering di update dibandingkan dengan binary.

Untuk diperhatikan; jika Anda menginstall Superuser bersama dengan ROM atau root maka aplikasi Superuser tidak dapat diinstal karena Anda menempatkannya di dalam system. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di market Android atau jika Anda ingin mendapatkan fitur-fitur lebih Anda dapat membayar untuk Superuser Elite seharga $3.00. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya.

2. Titanium Backup


Titanium Backup merupakan aplikasi kedua yang harus ada di rooted Android Anda. Aplikasi dari Titanium Track ini terkesan simple tetapi dengan Titanium Backup, Anda bisa membackup aplikasi-aplikasi di Android Anda, setting-an, dan data-data lainnya secara cepat dan aman sebelum Anda mencoba ROM ‘baru’ Anda, tema dan yang lainnya. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengembalikan konfigurasi stabil yang telah Anda atur sebelumnya.

Sebagai tambahan dengan Titanium Backup membuat proses re-installing dan re-configuring semua aplikasi Android Anda dengan mudah. Anda juga dapat memindahkan aplikasi-aplikasi beserta datanya dari/ke SD Card. Fitur tambahan lainnya di Titanium Backup yaitu kemampuan untuk mengatur jadwal regular backup untuk beraksi pada interval waktu yang ditentukan. Titanium Backup dapat Anda unduh secara gratis di market Android namun jika Anda menginginkan berbagai fitur tambahan yang mengagumkan dari Titanium Backup Pro, Anda dapat membayar seharga $5.64. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya.

3. ES File Explorer


Aplikasi file manager ini tidak hanya bisa digunakan untuk Android yang telah di root tetapi juga Android yang dalam keadaan ‘asli’. ES File Explorer merupakan aplikasi multi fungsi untuk file manager, application manager, task killer, cloud storage client (Dropbox, Google Drive Skydrive) dan ftp client.

Khusus bagi Anda pengguna Android yang di root, ES File Explorer memberikan sebuah file management yang memungkinkan Anda untuk mengakses seluruh file system, data directories, dan mengubah perizinan. ES File Explorer juga dapat men-compress/decompress ZIP files, men-extract RAR dan membuat encrypted files (AES 256 bit) ZIP file. Semua fitur yang ada di ES File Explorer dapat Anda dapatkan secara gratis di market Android. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya.

4. ROM Manager


Aplikasi berikutnya yang wajib Anda miliki di Android ter-root Anda adalah ROM Manager dari ClockwordMod yang dapat digunakan untuk mengatur berbagai ROM, mengorganisir dan melakukan system backup dan menginstall ROM dari SD Card atau bahkan melalui proses downloading (OTA). Fitur ClockwordMod Touch Flash Recovery dapat Anda manfaatkan untuk melakukan recovery dengan cepat dan one-click option untuk melakukan reboot kedalam recovery yang penting untuk pengaturan manual di Android root Anda.

Aplikasi ROM Manager ini dapat Anda unduh secara gratis di market Android atau jika Anda menginginkan versi Premium dengan fitur tambahan seperti Premium ROM dan automatic backup, Anda cukup membayar sekitar $5.99. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya.

5. CacheMate for Root Users Free


Aplikasi terakhir yang harus di install oleh para pengguna root Android adalah CacheMate for Root Users Free dari Made in Brooklyn yang memang khusus didesain bagi Android yang di rooting. CacheMate for Root Users digunakan untuk membersihkan cache dari Android Anda cukup hanya dengan satu sentuhan.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur utama seperti Auto Clear digunakan untuk mengatur jadwal pembersihan cache, Power Clear yang dapat membersihkan system dan mendapatkan cache yang sering ditemukan di berbagai aplikasi. CacheMate juga bisa melakukan bersih-bersih di SD Card dengan membebaskan memori tanpa harus menjelajah ke setiap folder. Aplikasi bersih-bersih untuk root Android ini bisa Anda dapatkan di market-market Android. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya.

Sumber: http://so.ee/nCG

Artikel Terkait:

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to 5 Aplikasi Wajib Bagi Para Pemilik Rooted Android

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.