Arsip

Aplikasi Gratis, Pemborosan Baterai dan Cara Menghindarinya


Menurut sebuah studi penelitian dari sebuah Universitas yaitu Purdue University di Indiana, menyatakan hasil penelitan bahwa smartphone yang mempergunakan aplikasi gratis ternyata rentan terhadap pemborosan daya baterai yang dipergunakan. Pemborosan daya baterai ini berdampak sekali terhadap kinerja yang dilakukan oleh smartphone tersebut. Ada beberapa aplikasi gratis yang sampai menyedot penggunaan daya sebesar 80%, ini sungguh luar biasa dan tidak baik untuk kondisi ponsel pintar yang Anda pergunakan.

Menurut penelitian tersebut, penyebab pemborosan baterai ini disebabkan karena sering munculnya iklan dari pihak ketiga yang selalu muncul pada aplikasi-aplikasi tertentu yang tidak berbayar. Kondisi lebih parah lagi terjadi, jika aplikasi gratis tersebut selalu meminta update terbaru dari fitur tambahan yang ada. Ini akan menjadikan smartphone tersebut tambah boros dan tidak baik.

Bisa dicontohkan dengan Aplikasi Game Angry Birds, menurut beberapa peneliti yang sudah melakukan pengujian ternyata Game Angry Birds ini menyedot 20% penggunaan konsumsi daya baterai dan 80% digunakan untuk keperluan iklan dari pihak ketiga tersebut. Setiap iklan yang akan dikeluarkan pada aplikasi gratis tersebut, akan disesuaikan dengan lokasi pengguna dari aplikasi itu. Jika Anda sedang berada di lokasi tertentu Anda akan mendapatkan iklan yang cocok dengan kondisi wilayah tersebut. Dengan proses pencocokan yang lama ini yang akan menyebabkan pemborosan baterai menjadi cepat.

Setiap akses internet yang dilakukan dan pencarian lokasi penggunanya akan berdampak dengan durasi koneksi yang dipergunakan oleh ponsel tersebut. Semakin Anda berlama-lama dengan koneksi internet, jelas sekali Anda membuang daya baterai dengan percumanya.

Informasi seperti ini sebenarnya harus sudah Anda pahami sebelum Anda mengunduh dan menginstal aplikasi gratsi yang Anda kehendaki. Usahakanlah untuk selalu mengecek kondisi aplikasi gratis tersebut, apakah masih mempergunakan pihak ketiga untuk menampilkan iklan-iklannya atau tidak. Jika masih iklan-iklan tersebut ditampilkan, cobalah alternatif lain untuk mencari aplikasi gratis lainnya.

Tetapi memang cukuplah sulit mencari aplikasi gratis yang tidak menyematkan iklan pada tampilan aplikasinya, mungkin jalan keluar lainnya adalah dengan mengunduh aplikasi berbayar atau mempergunakan aplikasi gratis dengan versi yang PRO. Tetap saja Anda harus merogoh kocek untuk bisa mendaptakannya, jika memang itu yang terbaik lakukanlah untuk menjaga ponsel pintar Anda semakin pintar.

Tips lain yang bisa Anda pergunakan untuk menghemat konsumsi penggunaan daya baterai adalah mengakali kondisi smartphone tersebut tetap pada jalurnya. Anda bisa mematikan WiFi dan Bluetooth untuk sementara waktu atau bisa juga mematikan GPS yang tidak dipergunakan, mengurangi kondisi kecerahan layar, tidak mempergunakan wallpaper bergerak dan lain sebagainya. Intinya Anda harus bisa menyeimbangkan kondisi ponsel pintar yang Anda punyai dengan penggunaan sebelum-sebelumnya. Jika anda sudah bermain game atau mengakses aplikasi tertentu dengan lama, usahakan untuk melakukan langkah penghematan daya baterai. Dengan seperti itu, Anda bisa me-manage daya yang dikeluarkan.

Sumber: http://so.ee/vaF

Artikel Terkait:

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.