Arsip

Tips Hemat Biaya Mobile Data Roaming Internasional Pada Smartphone


Musim liburan sudah di depan mata, lalu apakah Anda sudah mempunyai rencana untuk menghabiskan waktu liburan Anda? Mungkin sebagian dari Anda sudah memiliki rencana untuk bepergian ke luar negeri seperti Singapura dan Malaysia karena dilihat dari segi biaya perjalanan dua Negara tersebut relatif tidak terlalu mahal.

Untuk liburan ke luar negeri dibutuhkan beberapa persiapan seperti akomodasi selama di sana dan tentu saja ponsel Anda. Seperti yang Anda ketahui tiap-tiap Negara memiliki biaya penggunaan ponsel tersendiri dan ketika Anda memasuki Negara tertentu Anda harus mengaktifkan layanan roaming internasional. Untuk ponsel jenis smartphone entah itu Android, iPhone ataupun Blackberry merupakan jenis ponsel yang menggunakan koneksi data internet untuk menjalankan beberapa aplikasi di dalamnya.

Perlu Anda ketahui, tarif pemakaian internet di Indonesia relatif lebih murah dibandingkan dengan negara-negara lainnya sehingga jangan kaget jika Anda lupa mengaktifkan layanan mobile data roaming, tagihan ponsel Anda tiba-tiba membludak. Untuk mengantisipasi hal semacam ini ada beberapa tips untuk menghemat biaya mobile data roaming ketika Anda berencana jalan-jalan keluar negeri.

Manfaatkan fasilitas WiFi

Cara yang satu ini dapat Anda gunakan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun untuk menikmati layanat internet di Negara tujuan liburan Anda. Biasanya fasilitas WiFi ini tersedia di mal, café, restoran maupun hotel tempat Anda menginap. Namun terkadang ada juga hotspot WiFi yang mengenakan biaya untuk menggunakannya sehingga pastikan terlebih dahulu WiFi yang Anda gunakan dikenakan biaya atau tidak.

Cek Setting Smartphone

Pastikan sebelum Anda pergi, ceklah terlebih dahulu setting smartphone Anda terutama yang berhubungan dengan koneksi data internet. Sebagai contoh, bagi pengguna iPhone, Anda bisa mematikan fitur data roaming dan menjadikannya profile default untuk memastikan segala aplikasi iPhone yang menggunakan koneksi internet (peta, email, web browser dan lainnya) tidak akan melakukan koneksi data ketika Anda di luar negeri. Bagi para pengguna Android, Anda dapat melakukan uncheck data roaming melalui Setting>Wireless & Network>Mobile Network.

Dapatkan Paket Data Roaming Internasional dari Provider SIM Card Anda

Beberapa provider seluler Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL telah memiliki beberapa paket roaming sesuai dengan jenis smartphone yang Anda gunakan. Anda bisa mengaktifkan paket data roaming untuk negara-negara yang telah tergabung dengan Bridge Alliance (aliansi operator terbesar se-Asia Pasifik) sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengganti SIM Card Anda. Namun tips yang satu ini hanya efektif digunakan jika Anda hanya melakukan liburan untuk beberapa hari saja karena jika Anda cermat biaya yang Anda keluarkan untuk paket ini biasanya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan Anda mengganti SIM Card dari Negara yang Anda tuju.

Ganti SIM Card

Cara yang satu ini merupakan alternatif lain jika paket data roaming dari provider yang Anda gunakan dirasa kurang memadai. Cara yang satu ini lebih banyak digunakan karena biasanya paket data roaming dari provider seluler Indonesia hanya berlaku untuk beberapa negara yang telah menjalin kerja sama dengan provider tersebut. Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mengganti SIM Card pada smartphone Anda adalah pastikan smartphone telah di unlock terlebih dahulu dari home network, karena biasanya smartphone memiliki fasilitas peringatan ketika SIM Card diganti. Kedua, pastikan Anda memilih SIM Card yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tentunya dengan kondisi ‘dompet’ Anda.

Kunjungi Mobile Website

Dengan semakin banyaknya alamat-alamat website yang ada sekarang ini memiliki sejumlah keuntungan pula yaitu bertambah pula website yang dikhususkan untuk pengguna ponsel. Situs ini biasanya memiliki embel-embel m atau mobile menggantikan www yang biasanya digunakan pada alamat website normal. Anda juga bisa mengganti .co.uk, .com dengan .mobi untuk melakukan pencarian alamat mobile website.

Gunakan Aplikasi Kompres Data

Terkadang ketika kita melakukan proses downloading, ukuran data yang dikeluarkan cukup besar yang tentunya berujung dengan menghabiskan kuota data internet yang Anda punya. Mengingat tarif internet di luar negeri rata-rata cukup mahal dibandingkan di Indonesia, akan lebih bijak jika Anda mengunduh aplikasi pengompres data terlebih dahulu karena bisa mengurangi jumlah kuota data internet yang Anda keluarkan. Sebagai contoh, pengguna iPhone dapat mengunduh aplikasi Onavo Extend iPhone App (tersedia juga untuk Android) menjanjikan Anda kemampuan untuk melakukan proses browsing/ downloading lima kali lebih banyak dengan kuota yang Anda miliki tanpa adanya biaya tambahan. Onavo Apps juga menyediakan fitur untuk memberitahu besarnya data yang dipakai oleh aplikasi-aplikasi tertentu sehingga Anda dapat mengontrol penggunaan koneksi data Anda dengan lebih baik.

Download Peta Offline

Sebelum Anda memulai liburan Anda, sangat dianjurkan untuk mengunduh peta offline Negara yang Anda tuju sehingga ketika Anda membutuhkan peta tersebut Anda tidak harus repot-repot menggunakan koneksi data dan tentunya akan sedikit menghemat. Beberapa jenis peta yang dibutuhkan seperti peta lokasi wisata, transportasi, tempat penginapan ataupun kuliner wajib dibenamkan terlebih dahulu. Hal ini juga bermanfaat bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi Negara tersebut agar terhindar dari penipuan. Aplikasi peta offline banyak tersedia di market-market Android, iPhone dan Blackberry.

Relax

Coba Anda pikirkan untuk tujuan apa Anda berlibur? Tentunya untuk melepaskan segala kepenatan dalam diri Anda setelah Anda lelah bekerja ataupun belajar. Jadi usahakan, Anda juga mengistirahatkan smartphone Anda karena smartphone juga sebenarnya butuh istirahat walaupun hanya sejenak. Tetapi jika Anda melakukan perjalanan bisnis jangan sekali-kali mencoba tips yang satu ini karena bisa berujung dengan kacaunya jadwal perjalanan bisnis Anda.

Sumer: http://so.ee/pdC

Artikel Terkait:

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.